Thursday, June 26, 2008

Apa Itu Autisma?

Autisma adalah suatu ketidakmampuan perkembangan anak yang muncul antara usia 15 dan 20 bulan. Pada banyak kasus, anak mulanya tumbuh normal, dan kemudian mulai mengalami penurunan/kehilangan kemampuan bicara, sosial dan fisik. Walaupun ada banyak variasi tingkat keparahan, kebanyakan anak sepenuhnya tertarik hidup di dalam dunianya sendiri.


Aspek lain dari kelainan ini adalah anak tidak bisa memproses informasi yang diterima panca indera dengan benar. Mereka tidak bisa menangkap rasa takut atau situasi bahaya, atau menyaring dan mengacuhkan rangsangan. Contohnya, saat Anda membaca tulisan, Anda juga harus sekaligus memperhatikan warna dari tulisan dan ‘kertas’nya, sekaligus memperhatikan sensasi dari kalimat-kalimatnya, rasa kasar/halus dari pakaian yang Anda pakai, setiap bunyi dari jalanan, dari dalam rumah, sinar lampu, keberadaan tiap benda yang ada di sekitar Anda. Jika seorang anak autis bisa membaca surat ini, mereka harus menanggung semua rangsangan di atas sekaligus, dan pada saat yang sama mencoba berkonsentrasi dan mengerti isi tulisan yang dibacanya. Fungsi normal di bawah situasi ‘banjir’ rangsangan/stimuli seperti ini hampir tidak mungkin.


Anak autis biasanya juga mempunyai masalah biomedis dan neurologis (saraf). Banyak yang menderita diare kronis karena usus halus mereka tidak normal dan tidak bisa menyerap nutrisi penting, mineral dan vitamin penting untuk fungsi otak yang optimal. Hati dan ginjal tidak berfungsi baik menyebabkan tubuh menyimpan toxin dalam jumlah tinggi yang biasanya ditemukan di lingkungan, misalnya timbal, raksa, arsenik dan metal berat lainnya. Sistem kekebalan tubuh mereka mencapai batas di mana mereka bahkan tidak bisa melawan jamur, parasit, dan bakteri infeksi yang paling sederhana.


Anak-anak tidak melawan autisma dan belum ada penyembuhan untuk itu. Ini adalah keadaan ketidakmampuan seumur hidup dengan harapan menjalani hidup secara normal. Autisma mempengaruhi anak laki-laki 5 kali dibanding anak perempuan, walaupun anak perempuan biasanya lebih parah. Intervensi dengan program remedial dan terapi adalah untuk membantu anak-anak autis menjalani hidup lebih baik dengan mengeluarkan dan melatih potensi maksimal yang mereka punya untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari.


Mengenai spektrum autisma yang lain, selengkapnya bisa dibaca di artikel Karakteristik Autism Spectrum Disorder (ASD).


Jika Anda menduga anak Anda mungkin menunjukkan beberapa dari gejala di atas sebelum berusia 3 tahun, hubungilah dokter Anda. Dokter bisa merujuk Anda kepada tim ahli tumbuh kembang (psikolog, terapis wicara, terapis okupasi, fisioterapis, spesial instruktor) yang bisa bekerja sama untuk mengidentifikasi (screening) jika anak Anda mempunyai tanda-tanda atau gejala autisma. Setelah diagnosa dari tim ahli tumbuh kembang, mereka bisa merencanakan program intervensi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Untuk informasi tambahan mengenai kelainan spektrum autis (Autism Spectrum Disorders), Anda bisa mengunjungi web site berikut ini.


______________________________________________________
Website : www.angelswing.or.id Telp. 021-54350166, 0818-08642642.
Angel's Wing melayani
Terapi Okupasi, Sensory Integration SI, Behavior, Physiotherapy, Orthopedagog (Kesulitan belajar khusus), Layanan Psikologi Umum (Test IQ, Minat Bakat, dll), dan Terapi Wicara (speech delay, post operasi celah bibir dan langit-langit/cleft, cadel, gagap).

No comments: